9.3.16

My Life Changing Experience Trip (Part 2)

Kemarin gue udah membahas tentang part 1, sekarang lanjut ke part 2.

Mungkin dalam postingan gua kali ini, lo akan sangat bosen baca kata-kata “takut”, “fears”, dll. Tapi seriusan, gua beneran gak tau apalagi yang gua bisa rasain selain takut. Here we go!

Setelah selesai wawancara, akhirnya gue dapet Induction Session. Di induction ini gue dikasih penjelasan lebih detail about 5W+1H this “exchange” works. Setelah mengerti seluk-beluknya, gue browsing projects yang ada di website AIESEC (gua dapet account khusus jadi bisa akses itu semua). Gua memutuskan untuk gak jauh-jauh lah pergi-nya, paling ya ASEAN atau ASIA Pacific Countries. 3 prioritas negara gue: South Korea, Thailand, and Vietnam. Gua awalnya sih berharap pengen ke Korea biar bisa “menghirup udara yang sama dengan Oppa” tapi apa daya kasih tak sampai gua hanya bisa sebatas “di bawah langit yang sama dengan Oppa”. Gua liat di Thailand projectnya namanya Sawasdee Thailand. Gua tertarik dan udah banyak denger dari orang-orang yang pernah ikut project ini. Gak pake pikir panjang, gua apply aja deh. Bermodalkan online translator gua kirim email dan apply! Sebenernya email-nya pake inggris sih, cuma ya gua mau modal dikit-lah greetings-nya pake bahasa Thailand. HAHAHA.

Setelah nunggu-nunggu balasan e-mail gua, akhirnya dibales dan gua bisa wawancara tahap dua dengan pihak AIESEC Thailand. Well, ini bikin gue makin tremor. BULE WOY. Bukan orang yang bisa bahasa lo dan interview lo pake inggris lagi, bukan. Ini yang wawancara gue BULE yang gak bisa ngomong Indonesia! Ditambah interview-nya via Skype dengan kondisi internet di Indonesia yang begini ya lo semua bisa bayangin sih jadinya gimana. Akhirnya gue interview. Pake inggris bulepotan gue, gue jawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan. Interviewer gue dari AIESEC LC TNI (Local Committee Thai-Nichi Institute) namanya Ploy. Setelah beberapa puluh menit melewati putus-nyambung Skype (Video) Call, the interview session ended. Gua lagi-lagi takut. Tapi ya sudahlah, gua berserah.

Gua pantengin baik-baik inbox email gue. Ternyata ada notification for new message, dan itu dari Ploy. Mampus, ada apaan nih, dalam hati gue. Pas gue buka....... JRENG! Kata pertama yang gua baca adalah “CONGRATULATIONS”. Dan lagi-lagi gua heboh sendiri, teriak-teriak gak jelas karena gua beneran seneng banget! I couldn’t believe I actually could go this far. Hal yang gua langsung lakuin saat itu adalah chat si Ploy itu dan nanya (kalo di Bahasa-kan), “ini apaan maksudnya? Gua seriusan lolos?”. Serius, gua shock asli dan beban gua keangkat semua rasanya.



Gua bener-bener takut pas tahap ini. Sebelum wawancara dimulai, gua pecicilan banget saking gua nervous dan takutnya. But, back again I have to face my fears, dan dalam posisi ini gue gak bisa mengelak lagi, udah gak bisa kemana-mana. Gua belajar banget untuk berani dan percaya dengan kemampuan gua sendiri. Kalo gua gak begini, gua gak bakal tahu seberapa jauh gua bisa melangkah, seberapa bisa gua berkomunikasi dengan orang dari belahan dunia yang lain, seberapa bisa gua memakai semua kapasitas yang gua punya, dan seberapa bisa gua mengolah semua ilmu yang udah gua serap yang harus gua praktikkan.

Setelah ini, gua mulai menyiapkan berkas-berkas untuk keberangkatan gue. Gua buat VISA Thailand. Kenapa niat banget bikin VISA padahal ada VOA? Pertama, gue akan stay di Thailand for 45 days, sedangkan VOA yang dikasih cuma untuk 30 hari. Gua bakal males banget untuk ke luar negri dan masuk lagi ke Thailand demi cap VOA baru. Kedua, LC-nya minta gitu, ya udah deh. Gua males repot keluar masuk Thailand sebenernya. Prinsip gue, kalo lo bisa bikin simple kenapa bikin repot? Hahahhaa. Gampang kok bikin VISAnya. Tinggal ke Embassy yang ada di Jakarta dengan kasih passport lo, dan berkas-berkas yang dikasih LC sana. Gua gak ngerti itu berkas-berkas isinya apaan karena semuanya pake bahasa Thailand (yang notabene bukan huruf latin!). Oh iya, sama isi form yang ada di website kedutaannya juga.



Kemudian gua buat Travel Insurance. Banyak banget insurance yang ada, lo tinggal pilih sesuai kebutuhan lo aja dan tergantung lamanya lo di luar negri. Kenapa buat Travel Insurance? Pertama, just in case gue kenapa-kenapa di sana gua gak usah takut masalah duit lagi karena udah ter-cover oleh asuransi. Kan who knows gua keserempet tuk-tuk atau kesandung terus nyemplung ke Chao Praya kan? Hahaha. Kedua, emang (lagi-lagi) karena dianjurkan buat, ya sudah gua buat.



Ketiga, tiket pesawat. Walah ini yang paling merepotkan. Harga tiket pesawat berubah-berubah mulu dan direct flight ke Thailand cuma ada 3 maskapai (Garuda Indonesia, Thai Lion Air, dan Airasia). Sisanya? Transit dulu dan (menurut gue) rada buang waktu. Akhirnya gua pilih AirAsia yang gak pake transit. Karena gua mikir kalo gua transit (entah di SG/KL tergantung maskapai apa) gua harus nunggu mungkin rada lama dan gua harus nuker currency situ dan akhirnya gua memutuskan untuk beli tiket AirAsia untuk flight tanggal 12 Januari dan 1 Maret.



Setelah semuanya beres gimana? Next post, guys!

1 comment:

now ..